• Breaking News

    Berbagi Informasi Pendidikan secara Update

    Selasa, Februari 28, 2017

    Update -

    Siapa yang tak mengenal akreditasi sekolah? Saat ini beberapa sekolah tengah mempersiapkan diri untuk kegiatan akreditasi sekolah. Akreditasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kelayakan suatu program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal maupun nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Akreditasi sekolah dliakukan oleh lembaga mandiri diberi kewenangan sebagai bentuk akuntabilitas publik. Akreditasi sekolah di lakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.
    Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah
    Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya dikenal dengan BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri dibentuk dalam rangka pelaksanaan akreditasi. Badan ini berwenang menetapkan kelayakan program maupun satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Akreditasi sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

    BAN-S/M telah melakukan review dan revisi terhadap perangkat akreditasi sekolah. Review dan revisi tersebut dilakukan terhadap empat elemen akreditasi, yaitu: (1) Instrumen Akreditasi, (2) Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, serta (4) Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. Revisi terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi ini hanya dilakukan pada jenjang SMA/MA.

    Review dan revisi perangkat akreditasi dilakukan karena beberapa alasan berikut: (1) adanya butir instrumen yang perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan, (2) adanya butir petunjuk teknis yang multitafsir, (3) adanya butir instrumen yang belum lengkap, serta (4) teknik penskoran maupun pemeringkatan hasil akreditasi jenjang SMA/MA yang belum dibedakan pembobotann maupun belum adanya pembulatan nilai akhirnya.

    Konsekuensi dari review dan revisi perangkat akreditasi tersebut maka Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah akan menggunakan perangkat akreditasi sekolah/madrasah versi revisi 2014. Pengertian akreditasi sekolah serta profil lengkap BAN-S/M dapat kita lihat di website resmi BAN-S/M.

    Download Perangkat Akreditasi Sekolah Terbaru
    Setiap sekolah yang akan melaksanakan akreditasi sekolah harus memiliki dan memahami perangkat akreditasi sekolah. Perangkat akreditasi sekolah digunakan sebagai pedoman dan instrumen penetapan kelayakan suatu sekolah. Dari perangkat akreditasi ini selanjutnya sekolah dapat mempersiapkan bukti fisik yang dibutuhkan untuk setiap komponen atau setiap standar.

    Apabila Bapak/Ibu Membutuhkan Aplikasi persiapan Akreditasi kami sediakan dibawah ini :

    Demikian informasi mengenai perangkat akreditasi sekolah terbaru. Pastikan setiap sekolah telah memilikinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    SD/MI

    SMP/MTs

    SMA/SMK/MA